Minggu, Desember 26, 2010

Konversi FAT32 Menjadi NTFS

Bagi anda yang menggunakan window XP dengan siystem FAT32 dapat melakukan konversi menjadi NTFS. Caranya adalah dengan menggunakan Command Prompt. Dalam jendela kerja Command Prompt ketikan kode berikut :

convert c: /fs:ntfs/v

Jika yang akan anda lakukan konversi adalah drive C: menjadi NTFS
Selanjutnya tekan ENTER
Kemudian anda akan ditanyakan nama untuk drive tersebut : isikanlah sesuai dengan nama yang anda gunakan sekarang. Untuk melihatnya bukalah window Explorer dan perhatikan nama pada drive C:

Jika anda melakukan tindakan ini dari dalam windows, biasanya proses tidak dapat dilakukan karena banyaknya program yang sedang berjalan.
Jika muncul pertanyaan apakah akan dilakukan konversi saat komputer melakukan restart, ketiklah Y lalu tekan Enter. Setelah itu restartlah komputer anda. Sekarang tunggulah proses konversi sedang dilakukan sampai selesai. Semakin besar ruang hardisk dan semakin banyak file di dalamnya maka semakin lama pula proses konversinya.

Untuk mengetahui apakan proses konversi telah berhasil atau tidak, silahkan masuk ke window Explorer dan klik kanan pada drive yang anda ganti lalu klik Properties. Perhatikanlah pada dialog kotak yang muncul, pada bagian file system terdapat tulisan NTFS menandakan proses konversi telah sukses dilakukan... Sekian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LINK BANNER