Rabu, Juli 20, 2011

Komputer Tidak Muncul Bios

Hallo para Blogger sekalian, kali ini saya akan share tentang masalah komputer PC atau laptof. namanya juga mesin pasti ada saat ngadat dan rusaknya. Pengalaman saya sendiri yang mempunyai warnet pasti akan merasakannya hehe. Baik langsung aja kali ini saya akan share bagaimana mengatasi komputer/laptof yang tidak muncul booting sama sekali. 



Pertama - tama silahkan buka Casing PC anda : Mungkin yang harus anda periksa pertama kali adalah RAM, perhatikan RAM tersebut apakah sudah benar tertancap di Slotnya, jika kotor silahkan bersihkan dari debu-debu yang menutupi slot memory RAM.

Kedua - Jika belum berhasil juga, Silahkan cabut batre C-mos motherboard anda, kemudian pasangkan lagi. Trik ini sering saya lakukan dan berhasil jika kerusakn PC tidak fatal.

Ketiga - Coba periksa Processor anda, jangan2 sudah rusak lagi. Coba cek processor anda di Motherboard lain, jika sama saja berarti Processor anda normal.

Keempat- Coba perikasa Vga Onboard atau Card anda mungkin bermasalah. Kalau rusak otomatis harus ganti.

Kelima - Cek Power Supply Anda tegangan listrik yang tidak teratur / tidak seimbang bisa menyebabkan kerusakan pada Power Supply dan Processor anda. Trus me,... saya sudah mengalami hal tersebut.

Keenam - komputer juga manusia oppsss salah.... Komputer juga mesin maksud saya... Ya jangan lah kita rutin untuk memakainya saja.. usahakan 2 Minggu atau 1 bulan sekali untuk membersihkan debu2 dan kotoran yang menempel pada FAN motherboard / atau motherboard juga. Bersihkan casing PC anda agar PC anda bisa berjalan dengan maksimal, tanpa ada hambatan debu yang berkeliaran... saya juga sering melakukannya. Jika anda menyayangi Komputer anda maka dia pun akan sebaliknya menyayangi anda. HE hehehe Lebay.com.

Penjelasan Saya diatas merupakan pengalaman saya pribadi. Jadi apabila terjadi seperti kasus diatas silahkan coba dulu penjelasan saya diatas mungkin bisa membantu anda, jangan langsung ke tukang servis karena kadang-kadang anda di mainkan dengan harga mahal dan berbagai alasan kerusakan yang banyak padahal tidak.

Silahkan tuliskan komentar apabila ada penjelasan yang kurang di pahami....



12 komentar:

  1. Anonim8:03 PM

    terima kasih !!!!!!!!!
    td komputer ane ga bsa ngedisplay bios sama skali.. layar blank trus..
    ane bersihin ram n tiup2 ama cabut batre n pasang lg.. skrg udh nyala!

    BalasHapus
  2. setuju... hati2 dengan pernyataan para teknisi dengan ongkos service yang mahal mending cek2 dulu ato tanya2 teman yg mungkin lebih berpengalaman ato tanya om google, hehehe

    BalasHapus
  3. Anonim2:31 PM

    apong

    makasih ya infonya

    BalasHapus
  4. Ane coba dulu om,,,

    BalasHapus
  5. trimakasih atas infonya brooo

    BalasHapus
  6. Betul sekali gan
    Ini tips yang bermanfaat untuk kita semua gan
    Terima kasih gan atas informasinya

    BalasHapus
  7. hatur nuhun , kang asep kanu infrmsina , PC sya nyala lagi, jdi g usah k servis.

    BalasHapus
  8. gan ane punya masalah yg sama,,, biosny gx nampil tpi windows bisa nampil,,,
    ane jg udah ngikutin cara diatas,,,
    oh y pc ane make VGA card karena VGA onboardny udh rusak,,,

    BalasHapus
  9. lepas ram, dan pasang lagi akhirnya work. wkwk

    BalasHapus
  10. Laptop saya windows 10, saya ingin merepair windows saya melalui opsi BIOS, pada saat masuk ke BIOS saya memilih first boot adalah usb, setelah itu layar laptop saya blank hitam, saya panik dan saya cabut baterai laptop saya dan saya hidupkan lagi, ternyata laptop saya layar hitam dan tidak ada tampilan menu BIOS lagi, Padahal lampu indikator power sudah nyala, Bagaaimana ini cara mengatasinya?

    BalasHapus
  11. mas broo ,,semua udah dicoba, mulai dari ram, power sply,, sampai processor ane roker ke pc lain,,, hasilnya nihil,, semua perangat ok di pc lain,, tp klw di mobo targetnya kok g ngefek??? apa mobonya ya??? mohon solusi,,,

    hampir heng ni kepala wkwkkwkkw

    BalasHapus
  12. 4 mobo ane sma semua... mohon dibantu yo,,,,,,???

    BalasHapus

LINK BANNER