Minggu, Januari 09, 2011

Pengertian Internet dan sejarahnya

Internet berasal dari bahasa latin inter, yang berarti "antara". Secara kata internet bisa diartikan jaringan antara atau penghubung. Internet menghubungkan berbagai jaringan yang tidak saling bergantung pada satu sama lain sedemikian rupa, sehingga mereka dapat berkomunikasi. Sistem apa yang digunakan pada masing-masing jaringan tidak menjadi masalah, apakah sistem DOS atau LINUX.
Sementara jaringa lokal biasanya terdiri atas komputer sejenis (misalnya DOS atau LINUX) INTERNET mengatasi perbedaan berbagai sistem operasi dengan menggunakan "bahasa" yang sama oleh oleh semua jaringan dalam pengirman data. pada dasarnya inilah yang menyebabkan besarnya dimensi INTERNET.
Dengan demikian, definisi internet adalah jaringan jaringan dengan menciptakan kemungkinan antar jaringan di seluruh dunia tanpa bergantung kepada jenis komputernya.
ARPANet
Pada tahun 1969 ARPA sebuah bagian dari kementrian pertahanan Amerika Serikat memulai sebuah proyek, yang disatu sisi menciptakan jalur komunikasi yang tidak dapat dihancurkan dan disisi lain memudahkan kerjasama antar badan riset diseluruh negeri, seperti juga industri senjata. Maka terbentuklah ARPANet.
INTERNET Project
mengembangkan hasil yang telah dicapai oleh ARPANet, agar media komunikasi baru ini juga dapat dimanfaatkan oleh berbagai sistem komputer yang terhubung. Kemudian vendor-vendor komputer meramikan lalu lintas jaringan tersebut untuk berbagai kebutuhan sehingga terciptalah INTERNET.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LINK BANNER